MAS JOE

MAS JOE
ANGAYUH BAGYO,SUN TULODHO

Kamis, 14 April 2011

MEMBANGUN JALINAN ATASAN DAN ANAK BUAH

MEMBANGUN JALINAN ATASAN DAN ANAK BUAH
DENGAN KATA KUNCI “COACH”
Sbuah catatan dari training Coaching For Coporate Performance (C4CP)
Oleh Bejo Utomo.SP*
Dalam perkembangan dan pertumbuhan ekonomi, perusahaan harus mampu untuk tumbuh dan berkembang. Namun ternyata seiring perkembangan teknologi dan tuntutan pasar, tumbuh dan berkembang saja tidak cukup, tetapi yang yang lebih penting lagi adalah mampu berkompetisi. Perusahaan mampu berkompetisi dengan competitor baik perusahaan sejenis ataupun yang lain di era persaingan bebas saat ini. Kunci dari itu semua adalah perusahaan tidak hanya produktif tetapi juga efesien. Demikian pesan dari Bpk. Budi utarto Direktur Area Celebes (C1) kepada peserta training Coaching For Coporate Performance (C4CP) bagi level asisten di Tranning centre Area Celebes.
Lebih Lanjut Pak Budi, biasa dipanggil menambahkan bahwa perusahaan bisa produktif dan efisien jika dikelola tenaga – tenaga professional yang memiliki kompetensi besar. Sehingga melalui training ini sebagai upaya dalam mengembangkan potensi yang profesioal bagi seluruh level karyawan PT.Astra Agro Lestari.
Bagian yang akan menggerakkan roda-roda perusahaan adalah Sumber daya Manusia di dalamnya, yang secara struktur adalah atasan dan bawahan. Nach sebenarnya seberapa penting training Coaching For Coporate Performance (C4CP) bagi pertumbuhan perusahaan,. Sehingga program ini di berikan bagi pimpinan dari level terbesar sampai level terkecil di PT. Astra Agro Lestari, mulai Administratur, Asisten Kepala dan sampai level asisten. Coaching For Coporate Performance (C4CP) merupakan program training untuk merubah dan meningkatkan proses Coach bukan hanya di dalam pekerjaan tetapi bisa digunakan diluar pekerjaan sebagai contoh kehidupan rumah tangga.
Coach merupakan upaya menyelesaikan permasalahan dengan menggali masalah dari coache, sehingga coache dapat menemukan bahwa solusi dari permasalahan itu sebenarnya ada pada diri seorang Coache itu sendiri, bukan dari orang lain. Selama ini yang terjadi adalah justru nasihat,saran, tugas, saran bahkan kadang justru sebuah deskreditase terhadap masalah yang dihadapi bawahan atau orang yang menghadapi masalah. Solusi yang paling benar adalah selalu dari kita. Tetapi bebrbeda jauh bahkan sebaliknya justru dengan coach ini seorang coache digali permasalahan, penyebab masalah sehingga merepa berpikir terhadap solusi yang ada justru dari diriya sendiri.
Dari uraian diatas sangat releven tentunya bagi semua peserta yang semuanya setiap saat dihadapkan pada permasalahan anak buah dilingkunagn keja dan masalah keluarga ketika diluar perkerjaan. Dengan coach ini sebuah harapan yang besar bisa merubah paradigma kita berpikir , bukan hanya terhadap pengelolaan masalah anak buah tetapi juga pengelolaan sebuah masalah yang ada diluar pekerjaan.

Mengapa Couching diperlukan ?
Banyak orang memerlukan coaching karena mereka ingin sesuatu perubahan dalam hidupnya. Semua proses coaching berbicara tentang bagaimana membuat perubahan yang konstruktif-efektif untuk masa depan, sehingga kelihatan perbedaan antara masa kini yang stagnan dengan masa depan yang penuh harapan. Perubahan tersebut seringkali terjadi dalam penampilan, pola berpikir, persepsi maupun perilaku.
Berbagai potensi perubahan dan tujuan didaftarkan sebagai berikut :
1. Pengembangan keterampilan dalam bidang olah raga, musik, keuangan, keluarga,dll
2. Penemuan dan pengembangan hasrat/minat/beban yang terpendam
3. Penemuan suatu tujuan hidup
4. Pengembangan visi yang lebih jelas untuk masa depan
5. Pengembangan misi
6. Pembelajaran untuk mengelola perubahan secara efektif
7. Pembelajaran untuk menjalin hubungan dengan orang lain secara efektif
8. Penemuan nilai-nilai yang jelas
9. Pengembangan keterampilan berkomunikasi
10.Pemenuhan kelayakan dalam penampilan
Coaching bertujuan membantu orang lain yang terjerat/terjerembab dalam kondisi ketidakberdayaan atau stagnasi di masa kini, sehingga mereka memiliki motivasi sendiri untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik di masa depan.Sehingga kesuksesan akan dicapai.Empat kunci dari sukses : Percaya kita bisa, memutuskan keinginan,melakukan action dan selalu memperbaiki.
*sampai sekarang masih dipercaya sebagai Kepala Afdeling di PT.mamuang,peserta training Coaching For Coporate Performance (C4CP)


Peserta training Coaching For Coporate Performance (C4CP)
Batch ke 3 TCA Celebes 24-26 Juni 2010


Stive Sujadmiko, instruktur dari redpiramid memberikan materi
Dalam training training Coaching For Coporate Performance (C4CP)
Batch ke 3 TCA Celebes 24-26 Juni 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar