MAS JOE

MAS JOE
ANGAYUH BAGYO,SUN TULODHO

Kamis, 21 April 2011

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN)

TAHUN 2011 JALUR UJIAN TERTULIS/KETERAMPILAN
Pendaftaran SNMPTN 2011 jalur ujian tertulis dan/atau keterampilan dapat dilakukan secara online melalui laman (website) : http://ujian.snmptn.ac.id.
I. PERSYARATAN DAN KETENTUAN
A. Seleksi
1. Lulus Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2009, 2010, dan 2011. Bagi lulusan tahun 2009 dan 2010, memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara dan bagi lulusan tahun 2011 telah memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto yang bersangkutan dan dicap.
2. Memiliki kesehatan yang memadai, sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi.
3. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.
B. Penerimaan
Lulus Ujian Nasional, lulus ujian tertulis dan atau keterampilan SNMPTN 2011, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

II. CARA PENDAFTARAN UJIAN TERTULIS DAN ATAU KETERAMPILAN
Pendaftaran SNMPTN jalur ujian tertulis dan/atau keterampilan dilakukan oleh calon peserta secara online melalui internet dari manapun.

III. LINTAS WILAYAH
Peserta ujian dapat memilih Program Studi di setiap PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian. Tempat ujian tidak merupakan kriteria penerimaan, sehingga peserta ujian tidak harus mengikuti ujian di tempat Program Studi atau Perguruan Tinggi Negeri yang menjadi pilihannya. Peserta dapat memilih lokasi ujian yang dikehendaki.

IV. JENIS UJIAN
1. Ujian Tertulis
a. Tes Potensi Akademik (TPA)
b. Tes Bidang Studi Prediktif (TBSP):
i. Tes Bidang Studi Dasar terdiri atas mata ujian Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
ii. Tes Bidang Studi IPA terdiri atas mata ujian Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
iii. Tes Bidang Studi IPS terdiri atas mata ujian Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
2. Ujian Keterampilan untuk program studi di bidang ilmu keolahragaan dan/atau kesenian.

PENYELENGGARAAN UJIAN KETERAMPILAN UNTUK PROGRAM STUDI OLAH RAGA DAN SENI
Peserta ujian yang memilih program studi Keolahragaan dan/atau Kesenian diwajibkan mengikuti Ujian Keterampilan yang dilaksanakan dua hari setelah pelaksanaan ujian tertulis. Peserta Ujian Keterampilan dapat mengikuti ujian di perguruan tinggi negeri (PTN) yang memiliki program studi yang mempersyaratkan Ujian Keterampilan sesuai dengan pilihan peserta atau PTN terdekat dari tempat pendaftaran peserta yang memiliki program studi yang mempersyaratkan Ujian Keterampilan sesuai dengan pilihan peserta. Program studi penyelenggara secara lengkap dapat dilihat pada Daftar Program studi di laman (website) SNMPTN 2011.


JADWAL PENDAFTARAN DAN UJIAN
0. Pendaftaran : 2 - 24 Mei 2011
1. Ujian Tertulis
Selasa, 31 Mei 2011 : Tes Potensi Akademik
Tes Bidang Studi Dasar

Rabu, 1 Juni 2011 : Tes Bidang Studi IPA
Tes Bidang Studi IPS
2. Ujian Keterampilan
Ujian Keterampilan dilaksanakan pada tanggal 3 dan 4 Juni 2011.

PEMBOBOTAN HASIL UJIAN
. Program Studi yang tidak mengadakan Ujian Keterampilan, proporsi bobotnya adalah sebagai berikut:
0. Tes Potensi Akademik (TPA) : 30%
1. Tes Bidang Studi Prediktif (TBSP) : 70%
A. Program studi yang mengadakan Ujian Keterampilan, proporsi bobotnya adalah sebagai berikut:
Program studi keolahragaan:
0. Ujian Tulis : 50%
1. Ujian Keterampilan : 50%
Program studi kesenian:
2. Ujian Tulis : 40%
3. Ujian Keterampilan : 60%

PENILAIAN HASIL UJIAN TERTULIS
Penilaian hasil ujian menggunakan ketentuan sebagai berikut:
Jawaban BENAR : + 4
Jawaban SALAH : - 1
Tidak Menjawab : 0

Setiap mata ujian akan dinilai berdasarkan peringkat dengan skala nol sampai seratus sebelum nilai tersebut dijumlahkan dengan nilai mata ujian lainnya. Oleh karena itu, setiap mata ujian harus dikerjakan sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan.

KELOMPOK UJIAN TERTULIS
Kelompok ujian SNMPTN terbagi menjadi 3 (tiga):
0. Kelompok Ujian IPA
1. Kelompok Ujian IPS
2. Kelompok Ujian IPC
Setiap peserta dapat mengikuti kelompok Ujian IPA, IPS, atau IPC tidak harus sesuai dengan jurusan SMA/MA/SMK/MAK yang bersangkutan.
KELOMPOK PROGRAM STUDI DAN JUMLAH PILIHAN
0. Program Studi yang ada di Perguruan Tinggi Negeri dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Program Studi kelompok IPA dan IPS.
1. Setiap peserta kelompok ujian IPA/IPS dapat memilih sebanyak-banyaknya dua program studi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti.
2. Setiap peserta kelompok ujian IPC dapat memilih tiga program studi dengan catatan sekurang-kurangnya satu program studi kelompok IPA dan satu program studi kelompok IPS.
3. Urutan pilihan Program Studi merupakan prioritas pilihan.
4. Peserta ujian yang memilih hanya satu program studi boleh memilih program studi dari PTN di wilayah mana saja (lintas wilayah).
5. Peserta ujian yang memilih dua program studi atau lebih, salah satu program studi tersebut harus merupakan program studi dari PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan yang lain dapat merupakan program studi dari PTN di luar wilayahnya (lintas wilayah).
6. Daftar program studi, daya tampung tahun 2011, dan jumlah peminat tahun 2010 akan dicantumkan dalam Buku Panduan Peserta yang dapat dilihat di laman (website) http://www.snmptn.ac.id.

BIAYA UJIAN TERTULIS DAN KETERAMPILAN
0. Rp150.000,00 (Seratus lima puluh ribu rupiah) per peserta untuk kelompok IPA atau Kelompok IPS.
1. Rp175.000,00 (Seratus tujuh puluh lima ribu rupiah) per peserta untuk kelompok IPC (IPA + IPS).
2. Rp150.000,- (Seratus lima puluh ribu rupiah) per peserta per ujian keterampilan bagi yang memilih program studi yang mempersyaratkan ujian keterampilan.
3. Biaya tersebut disetor ke Bank Mandiri. Biaya yang sudah disetor tersebut tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

MEKANISME PENDAFTARAN UJIAN TERTULIS DAN ATAU KETERAMPILAN
Pendaftaran online dapat dilakukan dari manapun melalui website http://ujian.snmptn.ac.id dengan tata cara sebagai berikut:
0. Calon peserta membayar biaya ujian mulai tanggal 2 Mei 2011 pukul 08.00 WIB sampai dengan 24 Mei 2011 pukul 12.00 WIB melalui Loket/ATM/Internet Banking Bank Mandiri. Pendaftaran secara online ditutup pada tanggal 24 Mei 2011 pukul 16.00 WIB.
1. Ketika melakukan pembayaran, calon peserta harus memasukkan nomor kartu identitas calon peserta (KTP/SIM/Paspor Indonesia/Kartu Keluarga) dan memilih kelompok ujian yang dikehendaki (IPA/IPS/IPC). Khusus bagi yang menggunakan paspor sebagai identitas diri, pembayaran hanya dapat dilakukan melalui Loket atau Internet Banking.
2. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta akan menerima bukti pembayaran yang berisi: (a) Nomor Identitas calon peserta, dan (b) PIN SNMPTN sepanjang 16 karakter.
PERHATIAN: Nomor Identitas dan PIN SNMPTN ini bersifat sangat rahasia, tidak boleh diperlihatkan pada orang lain dan hanya dapat dipergunakan untuk melakukan pendaftaran online satu kali saja. Konsekuensi kelalaian menjaga kerahasiaan informasi tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon peserta.
3. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online (melalui Internet) dengan mengunjungi website dengan alamat http://ujian.snmptn.ac.id dan memilih menu Pendaftaran. Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan:
. Bukti pembayaran.
a. Kartu identitas yang dipakai ketika melakukan pembayaran.
b. Fotokopi ijazah/tanda lulus.
c. File pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm (terbaru), berformat JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 100 KB.
4. Calon peserta harus melakukan Login dengan memasukkan Nomor Identitas dan PIN SNMPTN yang tercantum dalam bukti pembayaran.
5. Calon peserta mengisi borang (formulir) pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Semua informasi yang diisikan dalam borang ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang ini berakibat pembatalan penerimaan di PTN yang dituju.
6. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Bukti Pendaftaran online.
7. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut. Kartu Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2011. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa ketika mengikuti ujian. Calon peserta telah resmi dinyatakan sebagai peserta ujian SNMPTN 2011.
Tutorial tatacara pendaftaran ujian tertulis dan atau keterampilan dapat diunduh (download) di website dengan alamat http://www.snmptn.ac.id mulai tanggal 25 Januari 2011.

INTEGRASI PROGRAM BIDIK MISI
Pada tahun 2011, Program Bantuan Biaya Pendidikan (Bidik Misi) dari Kementerian Pendidikan Nasional bagi siswa SMA/SMK/MA/MAK diintegrasikan ke dalam pola seleksi SNMPTN. Ketentuan lebih lanjut mengenai program Bidik Misi ini dapat dilihat dalam laman http://bidikmisi.dikti.go.id.
PENGUMUMAN HASIL UJIAN TERTULIS DAN/ATAU KETERAMPILAN
Hasil ujian tertulis dan/atau keterampilan diumumkan di website dengan alamat http://www.snmptn.ac.id yang dapat diakses pada hari Kamis, 30 Juni 2011 mulai pukul 00.00 WIB.

LAMAN (WEBSITE) RESMI DAN ALAMAT PANITIA PELAKSANA
0. Laman (website) resmi SNMPTN 2011 adalah http://www.snmptn.ac.id. Segala informasi mengenai SNMPTN dapat diakses melalui website tersebut.
1. Calon peserta juga dapat memperoleh informasi melalui akun twitter SNMPTN: @snmptn2011
2. Alamat Panitia Pelaksana SNMPTN 2011 adalah Gedung Rektorat IPB lantai 2 Kampus IPB Darmaga, Bogor. Telp/Fax. (0251) 8423068 ; e-mail: panitia@snmptn.ac.id.
3. Informasi dan tata cara pendaftaran dapat ditanyakan melalui HALO SNMPTN 2011 (Call Center) : 0804-1-450-450

LAIN-LAIN
Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SNMPTN 2011 akan diinformasikan melalui laman (website) SNMPTN 2011 dan menjadi bagian dari Pedoman Operasional Baku (POB) SNMPTN 2011.


adwal Penting
Jadwal berikut merupakan jadwal-jadwal penting yang harus diketahui peserta SNMPTN 2011.
No Tanggal Kegiatan
1 1 Februari – 12 Maret 2011 Pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan
2 21 Maret – 9 April 2011 Proses Seleksi Pilihan I di PTN Masing-masing
3 15 – 16 April 2011 Penetapan Hasil Seleksi Tahap I
4 18 April – 7 Mei 2011 Proses Seleksi Pilihan II di PTN Masing-masing
5 13 – 14 Mei 2011 Penetapan Hasil Seleksi Akhir SNMPTN Jalur Undangan
6 18 Mei 2011 Pengumuman Hasil SNMPTN Jalur Undangan
7 31 Mei dan/atau 1 Juni 2011 Pra Registrasi dan Registrasi SNMPTN Jalur Undangan

8 2 – 24 Mei 2011 Pendaftaran SNMPTN Jalur Ujian Tertulis/Keterampilan
9 31 Mei – 1 Juni 2011 Pelaksanaan Ujian Tertulis
10 3 – 4 Juni 2011 Pelaksanaan Ujian Keterampilan
11 26 – 28 Juni 2011 Penetapan Hasil SNMPTN Jalur Ujian Tertulis/Keterampilan
12 30 Juni 2011 Pengumuman Hasil SNMPTN Jalur Ujian Tertulis/Keterampilan

13 Juli 2011 Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Mandiri PTN


Frequently Asked Questions
1 Apa yang harus dilakukan oleh sekolah atau siswa yang pernah diundang mengikuti PPKB UI?
Pendaftaran PPKB diintegrasikan dalam SNMPTN Undangan. Jadi para siswa yang telah mendaftar di PPKB, harus mendaftar kembali di SNMPTN Undangan 2011.
2 Apakah peserta PPKB perlu membayar pendaftaran kembali di SNMPTN Undangan 2011?
Peserta PPKB harus mendaftar kembali di jalur Undangan tanpa perlu membayar pendaftaran (UI akan identifikasi dari NISN anda, pastikan sekolah telah mengisi NISN di akun pendaftaran PPKB anda).
3 Apakah siswa mendaftar di PPKB harus memilih UI lagi? Apakah boleh memilih PTN lain atau memilih jurusan yang berbeda dengan pendaftaran PPKB?
Peserta dapat memilih UI lagi atau memilih PTN lain. Peserta dapat memilih jurusan yang sama maupun yang berbeda dengan pendaftaran PPKB UI.
4 Bagaimana cara mendaftar SNMPTN Undangan?
Silakan baca panduan pendaftaran
5 Bagaimana jika sekolah tidak ada dalam daftar nama yang tercantum di http://undangan.snmptn.ac.id? Padahal sudah melapor pada panlok.
?????
6 Perbedaan info daya tampung di laman http://snmptn.ac.id dan http://undangan.snmptn.ac.id mana yang benar?
Yang benar adalah di laman http://undangan.snmptn.ac.id
7 Bagaimana jika sekolah tidak memiliki NPSN?
Sekolah tersebut tidak dapat mendaftar di SNMPTN Undangan
8 Bagaimana jika siswa tidak memiliki NISN?
Siswa tersebut tidak dapat mendaftar di SNMPTN Undangan
9 Bagaimana jika 1 sekolah memiliki 2 NPSN di Dapodik?
Contoh: SMKN 5 Kendal. Sekolah dapat memilih salah satu NPSN untuk menisi formulir pendaftaran sekolah SNMPTN Undangan 2011.
10 Bagaimana jika NISN sudah ada yang menggunakan di sekolah yang sama?
Tim TIK akan mencari NISN tersebut sudah digunakan atas nama siapa di sekolah yang sama. Kemudian pihak sekolah dapat memperbaiki NISN sesuai pemiliknya.
11 Bagaimana memperbaiki NISN padahal sudah membayar pendaftaran?
????
12 Mengapa Kota Kupang, NTT tidak ada dalam daftar kota/kabupaten peserta SNMPTN Undangan?
????
13 Bagaimana memperbaiki isian formulir pendaftaran sekolah?
a. Memperbaiki nama kepala sekolah
b. Memperbaiki alamat email sekolah
c. Mengubah jenis kurikulum sekolah
d. Memperbaiki Akreditasi sekolah dan mengupload ulang sertifikat Akreditasi sekolah
Isian formulir pendaftaran sekolah hanya dapat diisi 1x dan tidak dapat diubah.
Perbaikan akreditasi sekolah dan upload ulang sertifikat akreditasi dapat dilakukan bila sekolah menyampaikan alasan rasional mengapa belum mengupload atau mengisi akreditasi pada saat mengisi formulir pendaftaran sekolah
14 Bagaimana jika ingin mengubah data kelas yang telah difinalisasi, dengan alasan:
a. salah pengertian, dimana sekolah hanya memasukkan nama-nama siswa yang akan direkomendasikan
b. memasukkan daftar nama siswa berdasar abjad, bukan berdasar rangking
c. salah mengurutkan rangking siswa
d. terlanjur finalisasi karena tidak bisa membedakan ”finalisasi” dan ”simpan”
f. mengubah nama siswa (kurang 1 huruf, tidak menggunakan huruf kapital, menambahkan atau menghapus nama belakang)
Finalisasi akan dibatalkan. Sekolah dapat menghapus data lama dan memasukkan data baru.
15 Bagaimana jika ingin mengubah data kelas karena:
a. Salah nama kelas
b. Salah jenis kelas
c. Salah jurusan kelas
d. Salah akreditasi kelas
Hapus kelas tersebut, kemudian buat kelas baru.
Sekolah dapat menghapus kelas di menu tab "daftar kelas"
hapus daftar nama siswa di kelas tersebut agar menu "hapus" muncul.
16 Bagaimana jika ingin menambah rekomendasi padahal daftar rekomendasi sudah difinalisasi?
Finalisasi akan dibatalkan. Sekolah dapat menambah rekomendasi.
17 Bagaimana jika masalah poin 14 dan 15 terjadi di tahap poin 16 ( daftar rekomendasi telah difinalisasi)
1. Untuk mengubah nama siswa berarti harus mengubah data kelas. Untuk mengubah data kelas berarti anda harus membatalkan rekomendasi siswa. Pastikan belum ada siswa yang membayar.
2. Setelah sekolah membatalkan rekomendasi, laporkan ke helpdesk SNMPTN agar data kelas dibatalkan finalisasinya.
3. Setelah itu sekolah dapat memperbaiki data kelas (untuk poin 14) atau menghapus kelas (untuk poin 15)
18 Bagaimana jika masalah poin 14, 15, dan 16 terjadi setelah ada siswa yang telah membayar pendaftaran?
?????
19 Bagaimana jika ingin mengubah nama siswa (kurang 1 huruf, tidak menggunakan huruf kapital, menambahkan atau menghapus nama belakang) namun sudah sampai tahap membuat rekomendasi atau sudah ada siswa yang membayar di kelas tersebut?
Untuk mengubah nama harus mengubah data kelas. untuk mengubah data kelas harus membatalkan finalisasi. untuk membatalkan finalisasi harus membatalkan rekomendasi. butuh proses yg lama untuk menyelesaikan hal ini.

Pengubahan nama siswa tersebut, kami anggap tidak signifikan.
kami sarankan tidak usah mengubah dan lanjutkan saja pendaftaran yang ada.
Jika sampai nanti siswa tersebut diterima dan mendapatkan masalah karena perbedaan nama. Silakan tunjukkan jawaban tiket ini sebagai bukti persetujuan dari panitia SNMPTN bahwa permasalahan ini sudah dikonfirmasi.
20 Sekolah Akreditasi B kenapa tidak dapat membuat jenis kelas Unggulan atau kelas Akselerasi?
Sesuai ketentuan di laman berikut https://undangan.snmptn.ac.id/welcome/prepage

Sekolah Akreditasi B hanya dapat memasukkan jenis kelas reguler.
dengan begitu, daftar rekomendasinya akan menjadi 25% jumlah siswa di kelas.

Silakan perbaiki data kelas tersebut,dengan menghapus kelas tersebut untuk membuat kelas baru.
Sekolah dapat menghapus kelas di menu tab "daftar kelas"
kosongkan rekomendasi siswa dan daftar nama siswa di kelas tersebut agar menu "hapus" muncul.
21 Reset password gagal
coba cek email konfirmasi password di spam
22 Jawaban pasti untuk para siswa dalam memilih lintas jurusan, apakah boleh atau tidak ? termasuk dalam hal mekanisme dan indikator penilaian mereka diterima atau tidak dalam snmptn jalur undangan ? apakah boleh memilih 1 PTN 6 prodi ?
utk lintas jurusan panitia snmptn tidak melarang tetapi kebijaksanaan masing2 PTN berbeda2, yang akan memutuskan diterima atau tidak adalah PTN maka tanyakan terlebih dahulu kepada PTN nya masing. Mekanisme dan indikator penilaian diserahkan kepada PTN, Panitia SNMPTN tidak mendefinisikannya, tidak distandardisasikan. Berada sepenuhnya ditangan PTN. Tidak boleh memilih 1 PTN 6 prodi, baca POB.
23 Apakah boleh siswa Lulusan Luar negri mengikuti SNMPTN baik jalur undangan ataupun tertulis, termasuk bagaimana mengisi nilai pada form jika sekolah tersebut terdapat pindahan siswa dari Luar negri.
Inti dari jalur undangan adalah nama sekolahnya tercatat di database snmptn atau setidak2nya memiliki akreditasi A,B,atau C. Disarankan siswa lulusan luar negeri mengikuti saja ujian tertulis, karena itu mengacu kepada individu bukan sekolah.
24 Cara peng-Inputan nilai bagi siswa yang tinggal kelas, sementara pada form hanya ada 5 semester ?
Siswa yang tinggal kelas tidak bisa diusulkan karena ada klasul dalam POB bawa siswa harus memiliki ranking secara konsisten.
25 Pengisian nilai untuk jurusan bahasa, kolom yang tersedia pd form kurang. jadi harus bagaimana ?
Ada isian kosong, isikan saja di item2 yang kosong. kalau masih kurang kepala sekolah memilihkan saja apa sebaiknya yang harus dimasukkan ke dalam isian tersebut. disarankan yang nilainya tertinggi saja
26 Banyak no.pendaftaran siswa ketika melakukan pembayaran tidak terdata pada data base bank mandiri, sehingga tidak bisa melakukan pembayaran.akibatnya siswa atau pihak sekolah kembali kerumah, dan menghubungi call center, dan mempertanyakan ?
Untuk kasus atau masukan yang berkaitan dengan bank mandiri bisa berkoordinasi dengan menghubungi ibu Dewi (0811256767)
27 Beberapa cabang Bank Mandiri tidak siap/tidak mengetahui mekanisme pembayaran yang harus di lakukan.
Untuk kasus atau masukan yang berkaitan dengan bank mandiri bisa berkoordinasi dengan menghubungi ibu Dewi (0811256767)
28 Setelah melakukan finalisasi daftar rekomendasi sekolah tersebut mendapatkan no.pendaftaran tapi tidak tercantum password masing-masing no.pendaftaran
Gunakan tautan Unduh Daftar Rekomendasi (pdf), jika belum ada harap ulangi mengunduh beberapa saat kemudian. Jika belum juga ada, harap hubungi Helpdesk dengan melampirkan file yang telah diunduh tersebut.
29 Sekolah tidak dapat mengirimkan SK akreditasi, NPSN, NISN, NIS. apa yang harus mereka lakukan ? Alasan : 1. Hilang 2. Belum dikirimkan, tapi telah ada keputusan
Gunakan surat keterangan dari dinas terkait
30 Mengapa no.pendaftaran yang tidak terdeteksi system di bank mandiri saat melakukan pembayaran?
Harap sampaikan No. Peserta anda kepada Helpdesk untuk disampaikan pada Bank dan pengelola data
31 Apakah harus di isi ranking semester terakhir ? atau seperti apa ? Bagaimana jika sekolah menggunakan rangking secara global karena kelas dilakukan rotasi secara berkala?
????
32 Bagaimana jika telah tidak memiliki orang tua, atau orang tuanya sudah tidak berpenghasilan? Karena tidak ada pilihan penghasilan Rp.0
????
33 Bagaimana jika tidak ada no.telp ataupun hp, sementara form tsb wajib di-isi. Jika kosong, tidak akan bisa ke tahap selanjutnya
Coba minta izin pada rekan, saudara maupun tetangga anda untuk menggunakan nomer kontak mereka.
34 Apakah peserta snmptn jalur undangan, bisa ikut ujian jalur tertulis ?
Bisa
35 Apakah peserta SNMPTN jalur undangan yang lulus, juga bisa mengikuti Ujian jalur tulis ?
Bisa
36 Jika lulus pada SNMPTN Jalur Undangan, tetapi tidak diambil dan memilih mengikuti SNMPTN Jalur Ujian Tulis, akankan kena sanksi?
Tidak
37 Apakah bisa mengikuti bidik misi jalur snmptn dan bidik misi jalur ujian Mandiri ?
????
38 Jalur undangan 2 PTN masing-masing 3 Prodi, Bidik Misi 1 PTN 2 prodi, kalo SNMPTN Undangan dan direkomendasikan mengikuti bidik misi, berapa yang harus mereka isi ?
1 PTN 2 Prodi
39 Apakah boleh/bisa merubah data untuk data pribadi masing-masing peserta sampai batas tgl.12 maret ? (saat ini masih dapat dilakukan di form online)
Bisa
40 Bagaimana dengan kelas 12 dari Kak Seto Homeschooling? Dapatkah mereka mendaftar SNMPTN Jalur Undangan, maupun jalur Ujian Tulis?
?????
41 Bagaimana proses pendaftaran ulang jalur khusus di Universitas Brawijaya ?
?????
42 Apakah jurusan ekonomi syariah sudah tersedia di IPB ?
Jurusan ekonomi syariah sudah tersedia di IPB sejak tahun lalu. Untuk snmptn undangan daya tampungnya 25 orang dan untuk snmptn ujian tertulis daya tampungnya 20 orang. Peminat tahun lalu 660.
43 Mengapa UNIVERSITAS AIRLANGGA tidak membuka jalur SNMPTN Undangan?
Semula di Unair ada PMDK Prestasi yang mirip dengan SNMPTN Undangan, bedanya PMDK Prestasi ada tes. Kami di Unair masih menghendaki agar diperkenankan untuk memberikan tes tulis khusus bagi mereka yang milih Unair, akan tetapi hal ini tidak dimungkinkan oleh aturan yang ada. Dengan demikian daya tampung undangan di Unair dilimpahkan ke SNMPTN Tertulis

1 komentar: